This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Kisah] Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…

Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Letusan Gunung Kelud 2014 (source: Facebook)
Abu letusan gunung Kelud ternyata sampai ke Boyolali dan menyelimuti kota kecil tersebut. Awalnya saya tak menyadari bahwa gunung Kelud meletus pd malam 13 Februari 2014. Tapi setelah membaca status seorang teman yg mendengar suara dentuman dan kaca jendelanya bergetar, saya jadi yakin gunung Kelud meletus. Sebelumnya gunung ni sudah mengalami kenaikan status beberapa waktu lalu. Letusan gunung Kelud kali ni memang dahsyat, betapa tidak? Boyolali yg jaraknya ratusan kilometer dari gunung Kelud dpt mendengar dentuman letusan dan membuat jendela bergetar. Semoga saudara-saudara kita di Kediri, Blitar, dan Malang diberi keselamatan & kesehatan.
Malam itu saya lembur mempuat laporan KP hingga pukul setengah 2 pagi. Sebelum tidur saya menyempatkan untk melihat ke arah jendela, ternyata hujan abu tipis dari letusan gunung Kelud telah tiba. Jam 5 pagi saya bangun, dan di luar dugaan! Abu gunung Kelud yg menyelimuti kota Boyolali ni jauh lebih parah dan tebal dibandingkan dengan letusan gunung Merapi! Pagi itu jarak pansang hanya berkisar antara 5 hingga 10 meter dan hujan abu mulai berkurang ketikan pukul 7 pagi. Berikut ni hasil jepretan di sekitar rumah saya (klik untk memperbesar).
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Pagi hari ni (14 Februari 2014), abu letusan gunung Kelud menyelimuti kota Boyolali dgn ketebalan antara 0,5 hingga 1 cm. Jarak pandang mata pagi itu sangat pendek dan jalanan menjadi licin.
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Saat saya keluar rumah pertama kali, hujan abu dari letusan gunung Kelud masih berlangung cukup deras. Saya keluar tanpa perlengkapan / pelindung apapun, hasilnya? Rambut dan baju saya jadi putih menampung abu dan mata terasa amat pedih. Langsung deh masuk ambil topi+kaca mata Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Langit pagi itu gelap, mirip mendung tetapi berwarna agak kekuning-kuningan. Jelas, saat itu abu letusan gunung Kelud masih beterbangan di angkasa. Kucing saya tampaknya jg mengerti bahwa abu vulkanik tak baik untk kesehatan, makanya dia berteduh di bawah payung yg barusan saya pakai Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Genteng, pagar, tembok, dan lainnya semua berwarna putih tertutup debu abu letusan gunung Kelud yg cukup tebal. Apesnya lagi, sampai tulisan ni dibuat, hujan belum turun… Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Seberapa tebal sih abu letusan gunung Kelud yg menyelimuti Boyolali? Cek aja foto di atas, cukup untk membuat mata pedih dan sesak nafas.
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Kebetulan, rumah saya di pinggir ring road Boyolali yg dilewati bus-bus dan truk jurusan Solo-Semarang. Alhasil tiap mereka lewat, abu yg ada di sekitar jalan terbang bebas dan sukses membuat halam rumah saya makin tertutup debu.
Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…
Motor Bapak saya seperti habis dipakai buat rally Paris-Dakkar / habis nyemplung ke sawah… kotornya…. Saat hujan abu turun dgn derasnya, Bapak saya nekat berangkat mengajar ke sekolah. Sampai di sana, sekolah diliburkan Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali….

0 Response to "[Kisah] Abu Letusan Gunung Kelud Selimuti Boyolali…"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *