This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Dunia Hewan] Akhirnya ane bongkar kecurangan INDOMARET !



Inilah kisah saya dgn SI DOMAR....
keterangan :

harga beda : beda harga antara price tag dgn POS (Point Of Sales) kasir
Indomaret A : IDM A
Indomaret B : IDM B
Indomaret C : IDM C
IDM A,B,C, D adlh gerai yg berbeda tempat namun, masih dlm satu kota

Ini yg kesekian kalinya ane belanja di IDM, tapi akhir" ni ane kurang nyaman dgn apa yg dilakukan IDM, terutama kepada pelanggannya, why? cekidot cerita ane gan!!!

Baca Juga :

Akhirnya ane bongkar kecurangan INDOMARET !


TKP IDM A :

Spoilerfor : TKP IDM A ; ane belanja di tempat itu, sengaja cuma 1 item, tentunya ane udah pastiin price tag ama brg yg dibeli, adlh sama, sampai di kasih nah lho kok harganya beda selisih sampai 1000 rupiah, dlm hati ane kayaknya salah lihat deh harganya, okelah nextime lebih cermat aja..(masih prasangka baik, mungkin ane yg kurang teliti)



TKP IDM B :

Spoilerfor : TKP IDM B ; seperti bisa sebelum belanja ane pastiin price tagnya, ama barang cocok, nah kebetulan ada tag promo disamping tag harga, cuma ada tulisan beli 1 gratis 1 tapi ada yg aneh gambar promonya ( 1 botol + 1 botol = 1botol ) sejenak ane pikir yg bener mana nih , kalo semua pasti setuju kalo yg dimaksud adlh beli 2 gratis 1 ya gak coz gambarnya gitu, tapi kenapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener adlh tulisan promo tag, akhirnya ane beli 1 botol dgn harapan dapet gratis 1, ternyata sampai kasir..eng ing..eng, gak dpt gratis oooaaalaaahhh, kecewa.


TKP IDM C :

Spoilerfor : TKP IDM C ; week end bisanya paling banyak pengunjungnya, tapi ada yg aneh pas ane beli disana, ada beberapa barang yg tak ada price tagnya, ane pikir ooo mungkin lagi di print harga baru kali (note: h-1 ane kesana masih inget item yg ane beli masih tercantum harganya), okelah ane beli brg yg sama seperti kemaren, kali ni tanpa ada price tag disana, apa yg terjadi sampai kasir? ternyata sampai sana harganya lebih mahal dari kemaren, selisih diatas 500 rupiah, hal ni (item barang tanpa price tag) berlangsung selama lebih dari 2hari ( apa iya cuma print price tag, butuh waktu selama itu).


TKP IDM D :

Spoilerfor : TKP IDM D ; kejadian persis ada di TKP IDM A, kali ni karena ane lagi badmood, (tentunya masih dgn asumsi ane orangnya teliti-baca TKP A), sampai di kasih ternyata harganya beda lagi ama yg di price tag, apesnya ane bw duit pass lagi, wah kalu gitu kurang nih bayarnya (dalem hati), langsung aja ane nyeletuk "mbak kok harganya beda ama label harga di rak-nya" kaget kyknya tu kasir, eee malah tanya temen kasir satunya?, sambil ngomong sendiri "mungkin ada potongan, ya..sambil cek depan mesin kasir..."oooya mas ada potongan xxx rupiah" ngomong dgn entengnya dgn pasang muka gak bersalah.....ane langsung cabut.


TKP IDM A to D :

Spoilerfor : TKP IDM A tapi pakai trik di TKP IDM D ; ane masih penasaran, mungkin lg error mesin di kasir, okelah ane praktek in di IDM A (baca kasus IDM A), apa yg terjadi terjadilah, hasilnya adlh sama persis dgn kejadian IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda...B.E.D.A, seperti biasa ane pakai trik di IDM D , tapi kali ni kasirnya langsung lihat ke rak-harganya and ternyata harganya memang ane yg bener.
ANALISIS :

Spoilerfor : 1. Bagaimana mungkin sistem POS (point of sales) antara satu gerai dgn gerai lain bisa salah semua (dalam kasus ni POS tak otomatis mengurangkan adanya diskon item tertentu), dgn demikian buyerlah yg dirugikan coz kalo ente gak protes adanya beda price tag ama item, kasir gak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human IDM yg error / memang sengaja "dibuat" demikian,dengan jargon "MURAH dan HEMAT".

2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya sampai beberapa hari adlh tak wajar (menurut ane), ni adlh trik yg digunakan IDM untk mendapat kan keuntungan sesaat denga jumlah besar, dgn memanfaatkan even dimana pengunjung biasanya paling banyak (weekend), mereka dgn mudahnya menyeting harga, dgn posisi buyer yg "pasrah" ketika mereka tak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka pasti me-refers, ke harga kemarin tapi apa daya sampai kasir mereka harus membayar lebih, dan tulah yg ane alami)

3. Banyak promo yg menyesatkan di IDM (baca : kasus IDM B), belum lagi kalo di kombinasikan dgn trik "harga beda" ala IDM = menjanjikan keuntungan besat dlm waktu singkat, apalagi dgn jumlah gerainya sampai 6.000, coba anda bayangkan selisih "beda harga" 1.000 rupiah saja untk 1 item barang dlm sehari bisa dpt "duit kaget" = 1.000 rupiah x 6.000 gerai = 6.000.000/item/gerai/hari.

4. Alasan tak masuk akal ; dlm kasus IDM D, dgn entengnya kasir ngomong, "potongan belum di kurangkan", ane gak yakin orang yg belanja di belakang antrian ane dapet "perlakuan" yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).

5. Penempelan price tag tak pd tempatnya ; ni yg membuat buyer "tertipu" dgn harga murah, apalagi yg beli dlm jumlah banyak tak akan ingat dgn price tagnya satu-persatu.


TIPS BELANJA DI IDM :

1. Pastikan anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone)

2. Pastikan punya nyali untk menegur kasir apabila merasa ada yg aneh dgn price tag yg tak sama dgn item / anda akan menjadi bulan"an IDM

3. Jika kurang puas dgn silakan buat SURAT TERBUKA.

0 Response to "[Dunia Hewan] Akhirnya ane bongkar kecurangan INDOMARET !"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *