This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Teknologi] Ternyata Google Mencoba Untuk Menyingkirkan 10 Raksasa Ini

Motivation - Siapa yg tak mengenal Google? yg bahkan saat ini, google sudah memiliki banyak nama. Sebut saja mbah google, Paman (Om) google, master google, dan masih banyak lagi. Tahukah anda bahwa ternyata, demi mendapatkan peringkat 1 di dunia, google bersaing dgn milyaran raksasa teknologi, yg tersebar di seluruh permukaan bumi.
Menyingkirkan mereka pun tak gampang, sebut saja facebook, saingan terberat google yg pernah mengalahkannya tahun lalu dgn menduduki peringkat pertama dua tahun berturut-turut, nah selain facebook, siapa lagi sih saingan google?
1. YAHOO!, BING DAN MESIN PENCARI LAINNYA - GOOGLE
Tentu saja jika kita membicarakan mengenai berbagai produk dan teknologi yg telah dicoba disingkirkan oleh google maka mesin pencari pasti ada di antaranya, karena justru itulah yg membuat nama Google terkenal.
Ternyata Google Mencoba Untuk Menyingkirkan 10 Raksasa Ini
Sebelum adanya Google, ada berbagai mesin pencari / search engine seperti Yahoo! dan Windows Live Search (MSN), dan Yahoo! merupakan salah satu yg terbaik. Tetapi begitu Google muncul maka berbagai mesin pencari ni telah kehilangan fungsionalitasnya, khususnya di tahun 2000 dimana Google menyatakan dirinya sebagai mesin pencari terbesar dlm hal halaman yg di-indeks.
Sejak saat itu Google telah menjadi mesin pencari terbesar sampai sekarang ini, bahkan Yahoo!-pun sudah tak mefokuskan dirinya ke mesin pencarian dan MSN berganti nama menjadi Bing, dimana kebanyakan digunakan di Cina.
2. SKYPE, GROUPME DAN MESSENGER LAINNYA - HANGOUTS
Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama Google Talk, yakni sebuah layanan IM (Instant Messaging) yg memberikan fitur komunikasi teks dan suara. Jika kita hanya membicarakan Google Talk, maka hal ni belum dpt menyaingi messenger lainnya seperti Skype / GroupMe. Tetapi begitu Google mengembangkan Google Talk menjadi Hangouts di Juni 2012, maka persaingan-pun dimulai.
Hangouts adlh aplikasi messenger yg memperbolehkan komunikasi melalui teks, foto, album, dan khususnya video chat antara 2 orang / bahkan lebih (grup). Sekarag sudah ada di web, iOS, dan Android dgn berbagai fitur. VIdeo Chat yg disediakannya jg gratis dan fitur utama yg disediakannya adlh unified chat. Anda dpt melihatnya pd video di atas.
3. PAYPAL DAN MASTERCARD - GOOGLE WALLET
Dengan Google Wallet, Google memiliki ide bahwa pembayaran dpt dilakukan dimana saja, khususnya melalui mobile. Yang diperlukan hanyalah Anda mengisi semua fieldyang ditanyakan seperti alamat, credit card, kode zip dan sebagainya, lalu semua itu disimpan di akun Google Wallet Anda. Hal ni jg ditawarkan oleh PayPal dan MasterCard, hanya saja fitur khusus yg ditawarkannya adlh Anda dpt langsung melakukan pembayaran melalui mobile, bahkan email Anda.
Fitur terbaru yg ditawrakan Google adlh memperbolehkan Gmail untk mengirimkan uang yg ada di Google Wallet seperti attachment biasa pd email. Ini adlh salah satu fitur unik yg tak pernah ditawarkan PayPal ataupun MasterCard.
4. MOZILLA FIREFOX, INTERNET EXPLORER, DAN BROWSER LAINNYA - GOOGLE CHROME
Ternyata Google Mencoba Untuk Menyingkirkan 10 Raksasa Ini
Google Chrome adlh web browser berbasis WebKit yg dikembangkan oleh Google. Menurut StatCounter, pd Februari 2013 Google Chrome adlh browser paling banyak digunakan di dunia dgn 37%.
Salah satu fitur yg ditawarkan Google Chrome adlh ia mendukung sebuah format gambar (image) baru yg jg dikembangkan oleh Google, yakni WebP. WebP sendiri adlh ekstensi file gambar (image) yg dpt disandingkan dgn PNG dan JPEG, khususnya di web. Ukurannya-pun lebih kecil sampai 26% dgn kualitas yg sama dan jg mendukung animasi serta transparansi.
5. FACEBOOK DAN JARINGAN SOSIAL LAINNYA - GOOGLE PLUS
Google+ (Google Plus) merupakan jaringan sosial yg dioperasikan oleh Google dan merupakan jaringan sosial terbesar kedua di dunia setelah Facebook, mengalahkan Twitter di Januari 2013. Walaupun dgn keterlambatannya dalma dunia social networking, Google telah membuktikan bahwa Google+ adlh salah satu jaringan sosial terbaik di dunia.
Di akhir tahun 2012, diketahui bahwa pengguna Google+ adlh sekitar 500 juta orang, dan baru-baru ni sama halnya dgn Facebook yg merubah interfacenya, Google+ jg merubah penampilannya menjadi lebih menarik. Dengan tujuan menjadi social networking terbesar, Google+ terus diberikan fitur-fitur yg menarik dan dikatakan sudah memiliki lebih dari 40 fitur.
6. DROPBOX DAN CLOUD STORAGE LAINNYA - GOOGLE DRIVE
Dirilis pd 24 April 2012, Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan cloud yg disediakan oleh Google. Google Drive menjadi salah satu cloud storage terbaik sejak Google menambahkan Google Docs ke dlm naungan Google Drive, hal ni memperbolehkan collaborative editing untk dokumen, spreadsheet, presentation dan masih bnayak lainnya.
Di May 2013, Google mengintegrasikan Google+, Gmail dan Google Drive, hal ni memperbolehkan tiap orang untk memiliki tempat penyimpanan sekitar 15GB di awal dan dpt ditingkatkan sampai 25GB / bahkan 16TB (berbayar tentunya).
7. EVERNOTE - GOOGLE KEEP
Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah membaca artikel kami yg membahas mengenai Google Keep. Google Keep adlh sebuah layanan yg disediakan oleh Google dgn tujuan utuk web surfing dan note-taking, dirilis pd 20 Maret 2012. Anda dpt melihat artikel kami, yaitu "Google Keep: Simpan Apa yg ada Di Pikiran Anda".
8. YAHOO! MAIL, HOTMAIL DAN EMAIL LAINNYA - GMAIL
Ternyata Google Mencoba Untuk Menyingkirkan 10 Raksasa Ini
Ya, Anda pasti sudah tahu jika kita membicarakan mengenail email yg disediakan oleh Google, yaitu Gmail. Tidak seperti layanan email lainnya, Gmail menawarkan layanan email yg bebas dari iklan dan dpt disinkronisasi dgn aplikasi email lainnya tanpa berbayar, tak seperti Yahoo! Mail (Ymail).
Pada Juni 2012, Gmail merupakan email provider berbasis web yg paling banyak digunakan dgn penggunanya lebih dari 425 Juta orang dari berbagai belahan dunia. Salah satu fitur menarik yg ditawarkan Gmail adlh attachmentnya dpt memuat hingga 25 MB dan tempat penyimpannya sendiri telah ditingkatkan sampai dgn 15GB bersamaan dgn integrasi Google Drive dan Google+ ke dalamnya.
9. SIRI - GOOGLE CONVERSATIONAL SEARCH
Jika Anda pernah melihat demonstrasi Google Glass maka Anda akan menyadari bahwa sebenarnya fitur-fitur yg disediakan menyerupai Siri yg diciptakan Apple, yakni sebuah software asisten pribadi yg dpt membantu Anda dlm banyak hal seperti mengirimkan pesan, melakukan pencarian dan sebagainya. Tetapi salah satu masalah utama Siri adlh pencariannya yg buruk, hal ini-lah yg menjadi kelebihan Google sebagai raksasa mesin pencari.
Dengan adanya Google Glass, maka berbagai hal dimulai dari merekam video, mengambil foto, mencari arti kata hingga melakukan pencarian semuanya dpt dilakukan hanya dgn berbasis suara / dgn bantuan pergerakan jari.
10. FLICKR - GOOGLE+
Flickr adlh sebuah situs web untk hosting gambar dan video dan telah menjadi komunitas online tersendiri. Seperti yg telah dibicarakan tadi, Google telah meningkatkan penyimpanannya dari 5GB hingga 15 GB di Google+, Gmail dan Google Drive. Ini dpt diibaratkan Anda memiliki tempat penyimpanan besar yg gratis dan ni adlh salah satu upaya yg telah menjadi kerja keras Flickr dlm menyediakan sarana hostingnya. Sejak Google menyediakan Google+ dan meningkatkan penyimpanannya maka itu menandakan bahwa Google siap bersaing dgn Flickr. Tapi mungkin Flickr menyadari hal ni dan baru-baru ni menyatakan bahwa Flickr telah mengembangkan penyimpanannya hingga 1 TB per user.
+ BONUS
Berikut kami berikan video sekilas mengenai 'Project Glass' yg dpt diibaratkan merupakan gabungan dari seluruh fitur yg disediakan Google dan merupakan impian Google dlm menciptakan Google Glass-nya.
We Hope You Can Satisfied

0 Response to "[Teknologi] Ternyata Google Mencoba Untuk Menyingkirkan 10 Raksasa Ini"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *