This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy - Daging Sapi

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
tiagedhut.blogspot.com - Jika anda penggemar berat keripik jagung atautortilla chips seperti saya, maka ada satu cara menyantap keripik ni sehingga cita rasanya semakin sedap. Mencelupkannya ke dlm saus salsa! Keripik jagung yg hadir dlm aneka merk di supermarket memang terkadang tersingkirkan karena banyak dari kita yg lebih memilih untk mengudap keripik kentang, padahal jika disantap bersama saus salsa yg terasa 'nano-nano' - pedas, asin, asam, segar - maka berbungkus-bungkus keripik jagung bisa ludes dgn cepat.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Nah yg menjadi masalah, saus salsa kemasan botolan yg dijual di supermarket relatif mahal harganya. Untuk sebotol saus seberat 300 gram saya harus merogoh uang di kocek hampir lima puluh ribu rupiah. Mungkin karena produk impor dan tak umum ditemukan di Indonesia membuat harganya menjadi melambung. Padahal jika ditilik dari komponen pembuatnya, maka saus a la Meksiko ni tak sulit untk dibuat sendiri dan bahan-bahannya pun cukup mudah ditemukan di Jakarta. Jadi weekend kemarin ketika saya melihat diskon besar buah tomat merah yg membludak di supermarket saya langsung beraksi untk mewujudkannya. Rasanya? So yummy!

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Jangan keliru mengira salsa disini adlh tarian salsa a la Kuba. Kata salsa sebenarnya berasal dari bahasa Spanyol yg berarti saus dan di negara-negara yg berbahasa Inggris maka salsa identik dgn saus yg berbahan dasar tomat dgn cita rasa pedas yg menjadi ciri khas kuliner Meksiko dan biasanya digunakan sebagai saus pencelup (dip). Ada banyak varian salsa yg berkembang di Amerika Latin baik dlm kondisi mentah ataupun yg telah dimasak. Hanya saja salsa dlm kondisi mentah memang harus dipersiapkan dgn hati-hati karena dlm proses penyimpanannya bahan-bahan mentah menjadi tempat yg ideal bagi tumbuhnya bakteri yg berbahaya bagi kesehatan. Umumnya salsa di buat dlm jumlah besar dan disimpan di dlm botol-botol kecil yg telah disterilkan untk pemakaian jangka panjang, biasanya dilakukan saat musim panen tomat tiba.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Daun Ketumbar/Cilantro/Corriander

Untuk membuat salsa, bahan utamanya yg harus anda sediakan adlh tomat segar. Gunakan tomat yg berwarna merah membara untk hasil salsa yg mantap, walaupun salsa dari tomat hijau pun cukup nge-trend untk dibuat. Selain tomat maka bahan lain seperti bawang bombay, bawang putih dan cabai jg ditambahkan ke dlm saus. Umumnya resep-resep salsa original menggunakan cabai jalapeno, poblano / habanero. Cabai-cabai ni merupakan cabai khas Meksiko yg konon terkenal pedasnya. Saya sendiri terus terang belum pernah mencicipinya hanya saja saya yakin cabai rawit Indonesia jauh lebih pedas. ^_^ Cabai Meksiko saya ganti dgn cabai hijau dan cabai merah besar plus cabai rawit, dan hasilnya adlh saus salsa yg benar-benar joss pedasnya! Rempah wajib yg ditambahkan ke dlm salsa adlh daun ketumbar (cilantro), bubuk jintan dan oregano, ketiga rempah ni akan memberikan rasa nendang yg khas di saus. Daun ketumbar merupakan salah satu rempah wajib di masakan Meksiko, aromanya yg harum dan khas membuat masakan Meksiko yg anda buat menjadi lebih otentik. Oregano sendiri biasanya ditambahkan di dlm saus pizza dan masakan Italia umumnya, tapi di salsa rasa khas rempah yg unik ni membuat anda ingin menyendokkan banyak salsa di atas roti / salad yg anda akan santap. Anda bisa membeli oregano di supermarket besar di bagian bumbu-bumbu kering / instan.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super YummyHomemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Dari sekitar dua kilogram tomat yg saya gunakan, saya menghasilkan sekitar 3 stoples salsa ukuran 300 ml. Agar lebih tahan lama di kulkas, saya mensterilkan stoples kaca terlebih dahulu dgn merebusnya di dlm air mendidih. Harapannya agar masa simpan salsa lebih panjang. Karena walaupun disimpan di kulkas, salsa hanya bisa bertahan sekitar 1 minggu saja, tapi dgn proses canning (pengawetan) seperti yg banyak di lakukan ibu-ibu di negara empat musim, salsa bisa tahan hingga setahun lamanya di suhu ruang selama stoples kaca tertutup rapat. Hmm, mungkin next project saya akan mencobanya, saat ni persediaan stoples kaca di rumah terbatas jumlahnya.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Nah anda pasti bertanya-tanya untk apa sajakah segitu banyaknya salsa yg saya buat. Wah saya punya banyak ide untk menyantapnya! Selain sebagai saus pencelup untk keripik jagung, saya jg suka menyantapnya dgn roti gandum utuh, salad, suwiran ayam dan bergunung salsa di atasnya. Atau bisa jugasebagai saus burrito / tortilla, untk membuatnya anda memerlukan kulit tortilla yg berbentuk lembaran tipis terbuat dari tepung gandum, mengisinya dgn sayuran segar, tumisan daging cincang dan salsa, gulung hingga rapat. Sayangnya kulit tortilla ni lumayan mahal harganya - anda bisa memperolehnya di supermarket besar di bagian frozen food - untk satu pack berisikan 10 lembar tortilla harganya sekitar lima puluh ribu rupiah. Eksperimen sebelumnya membuat tortilla selalu berakhir dgn kulit yg keras, kering dan pecah-pecah kala digulung, jadi sepertinya saya harus membuat eksperimen selanjutnya dan saya telah menemukan satu resep yg cukup menjanjikan untk dicoba, jika berhasil pasti akan saya posting hasilnya. ^_^

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Satu hal lagi mengenai tomat yg mungkin perlu anda ketahui. Selain kandungan gizi dan vitamin C-nya yg tinggi, maka ada satu lagi alasan penting mengapa anda wajib menyantap tomat yaitu kandungan lycopene-nya. Lycopene dari bahasa Latin, Lycopersicum mengacu pd spesies tomat. Lycopene merupakan pigmen carotene dan carotenoid berwarna merah cerah yg ditemukan di tomat serta buah / sayuran lainnya yg berwarna merah seperti wortel, pepaya, semangka, dan cabai merah (namun tak ditemukan di stroberi dan ceri merah). Dari hasil riset yg dilakukan sebelumnya ditemukan korelasi antara konsumsi tomat dgn berkurangnya resiko kanker, karena itu lycopene dianggap sebagai agen potensial untk mencegah kanker terutama kanker prostat. Jadi lycopene disini berfungsi sebagai anti oksidan di dlm tubuh. Sayangnya lycopene pd tomat akan kurang maksimal diserap oleh tubuh jika buah disantap begitu saja / dlm kondisi segar, lycopene akan terserap dgn baik jika tomat mengalami proses memasak terlebih dahulu terutama dgn menggunakan minyak. Proses memasak akan membuat sel-sel di dlm tomat akan luruh dan membuat lycopene lebih tersedia bagi tubuh.

Okeh saya hentikan ocehan saya yg panjang kali lebar, tapi yg jelas salsa buatan sendiri tentu saja rasanya jauh, jauh lebih sedap, lebih pedas dan lebih banyak hasilnya dgn biaya yg lebih irit. Berikut ni resep dan proses pembuatannya ya.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Salsa Tomat Resep diadaptasikan dari web Simply Recipes - Canned Tomato Salsa

Untuk sekitar 3 botol salsa dgn volume 300 ml
Tertarik dgn resep a la Meksiko dan resep saus lainnya? Silahkan cek link di bawah ini.
Burrito Isi Daging Cincang & Sayur
Homemade Mayonnaise - Easy, Creamy & Super Delicious!
Russian Salad - Olivier

Bahan: - 20 buah tomat merah (sekitar 2 kg) - 1 buah bawang bombay ukuran besar, rajang kasar - 8 siung bawang putih, biarkan utuh - 5 siung bawang merah, biarkan utuh - 7 buah cabai hijau besar, buang bijinya, biarkan utuh - 7 buah cabai merah besar, buang bijinya, biarkan utuh - 8 buah cabai rawit, biarkan utuh
- 4 sendok makan minyak zaitun (bisa menggunakan minyak sayur biasa) - 3 butir jeruk nipis, peras airnya
- 1 ikat daun ketumbar, sekitar 100 gram, rajang kasar - 1 sendok teh jintan bubuk - 2 sendok teh oregano kering - 2 - 3 sendok teh garam - 1 sendok makan gula pasir
Cara membuat:

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Siapkan loyang, tata cabai, bawang bombay, bawang putih dan bawang merah di atasnya. Ciprati dgn 2 sendok makan minyak zaitun. Panggang di oven dgn suhu 200'C selama 20 menit hingga permukaannya tampak sedikit kecoklatan. Keluarkan dari oven dan cincang kasar.

Note: Proses panggang akan membuat aroma salsa yg anda hasilkan lebih mantap. Jika tak ingin menggunakan oven, anda bisa membakar cabai dan bahan lainnya di bara api / di atas kompor. Atau skip proses ni jika terlalu merepotkan. Cincang saja bahan-bahan dan langsung dimasukkan ke dlm panci untk dimasak bersama tomat.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Siapkan tomat, cuci bersih. Potong melintang bagian ujung tomat untk memudahkan kita mengupas kulitnya. Siapkan panci berisi air mendidih. Masukkan tomat dan masak selama 1- 2 menit / hingga kulit tomat terlihat mulai mengelupas. Angkat tomat dan tiriskan.

Note: anda jg bisa memanggang tomat di oven untk rasa salsa yg lebih mantap. Cukup belah tomat menjadi dua bagian, tata tomat dgn posisi irisan di bagian bawah. Panggang dgn suhu 200'C hingga permukaan kulit tomat terbakar kecoklatan. Keluarkan dari oven dan kupas kulitnya. Tomat lantas diproses seperti selanjutnya.
Kupas kulit tomat, buang bagian pangkalnya. Rajang tomat dan cincang ukuran 1 x 1 cm. Masukkan cincangan tomat ke dlm panci bersama bahan-bahan lainnya. Usahakan agar tak banyak jus tomat yg hilang, masukkan sebanyak-banyaknya jus yg mengalir ke dlm panci.

Note: jika anda menginginkan salsa yg lebih halus, masukkan semua bahan ke dalam food processor dan proses selama beberapa detik. Saya sendiri lebih suka salsa dgn bahan-bahan yg masihterlihat kasar.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Tambahkan daun ketumbar, jintan bubuk, oregano bubuk, garam, gula, sisa minyak zaitun dan air jeruk nipis ke dlm panci berisi bahan lainnya. Masak salsa di atas kompor dgn api sedang, hingga mendidih. Kecilkan api hingga hanya tampak letupan-letupan kecil di salsa, masak selama 10 menit. Cicipi rasanya, sesuaikan gula, garam dan air jeruk nipis. Salsa terasaasam, asin dan hanya sedikit manis, jadi jangan menambahkan banyak gula.

Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy
Selama salsa dimasak, rebus stoples kaca yg akan dipakai untk menyimpan salsa selama beberapa menit. Saya membuat banyak salsa, dan berharap dgn mensterilkan wadah maka salsa akan bertahan lebih lama di kulkas. Jika anda membuat dlm jumlah kecil dan akan habis dlm waktu 1 minggu maka skip proses sterilisasi wadah ini.

Angkat stoples dari air mendidih. Tuangkan salsa ke dlm stoples, lap bagian mulut stoples dgn tissue basah agar tak ada sisa salsa yg menempel di tepi stoples. Tutup stoples rapat-rapat dan balikkan stoples agar tak ada udara kosong tempat bakteri berkembang biak. Diamkan salsa disuhu ruang hingga benar-benar dingin sebelum anda masukkan ke kulkas.

Note: saya tak tahu akan bertahan berapa lama salsa yg saya simpan di kulkas, jadi di next resep jika saya menggunakan saus ni akan saya laporkan progress-nya. Tentu saja jika salsa yg saya buat tak habis dlm waktu singkat. ^_^

Salsa siap anda santap dgn sandwich, tortilla, keripik jagung, / salad. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Salsa
Web Simply Recipes - Canned Tomato Salsa
Wikipedia - Lycopene
Web Fitday - What is Lycopene?

other source : http://liputan6.com, http://justtryandtaste.com, http://merdeka.com

0 Response to "Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy - Daging Sapi"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *