tiagedhut.blogspot.com - Wujud umum rencana tetap adlh adalah :
Rencana ni sekali ditetapkan akan terus diterapkan sampai perlu diubah (modifikasi) / dihapuskan.
1. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan (policy) adlh pedoman umum pembuatan keputusan. Kebijaksanaan merupakan batas bagi keputusan, menentukan apa yg dpt dibuat dan menutup apa yg tak dpt dibuat. Dengan cara ini, kebijaksanaan akan menyalurkan pemikiran para anggota organisasi agar konsisten dgn tujuan organisasi. Kebijaksanaan biasanaya ditetapkan secara formal oleh para manajer puncak organisasi, dgn alasan :
2. Prosedur standar
Prosedur standar adlh kebijaksanaan dilaksanakan dilaksanakan dgn pedoman-pedoman yg lebih terperinci. Suatu prosedur memberikan sejumlah instruksi yg terperinci untk pelaksanaan serangkaian kegiatan yg terjadi secara teratur. Prosedur berguna / bermanfaat untk :
3. Aturan
Aturan (rules / regulations) adlh pernyataan / ketentuan bahwa suatu kegiatan tertertu harus / tak boleh dilakukan dlm situasi tertentu. Aturan digunakan untk mengimplementasikan rencana-rencana lain dan biasanya merupakan hasil kebijaksanaan yg diikuti dlm tiap kejadian. Dalam melaksanakan suatu aturan, para anggota organisasi tak mempunyai pilihan lain, selain harus mematuhi aturan-aturan tersebut.
sumber : Manajemen, T. Hani Handoko
![]() |
sumber : pengertianahli.com |
- Kebijaksanaan.
- Prosedur standar.
- Aturan.
Rencana ni sekali ditetapkan akan terus diterapkan sampai perlu diubah (modifikasi) / dihapuskan.
1. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan (policy) adlh pedoman umum pembuatan keputusan. Kebijaksanaan merupakan batas bagi keputusan, menentukan apa yg dpt dibuat dan menutup apa yg tak dpt dibuat. Dengan cara ini, kebijaksanaan akan menyalurkan pemikiran para anggota organisasi agar konsisten dgn tujuan organisasi. Kebijaksanaan biasanaya ditetapkan secara formal oleh para manajer puncak organisasi, dgn alasan :
- Mereka merasa hal itu akan meningkatkan efektivitas organisasi.
- Mereka ingin berbagai aspek organisasi mencerminkan nilai-nilai pribadi mereka.
- Mereka hendak menjernihkan berbagai konflik / kebingungan yg telah terjadi pd tingkat bawah dlm suatu organisasi.
2. Prosedur standar
Prosedur standar adlh kebijaksanaan dilaksanakan dilaksanakan dgn pedoman-pedoman yg lebih terperinci. Suatu prosedur memberikan sejumlah instruksi yg terperinci untk pelaksanaan serangkaian kegiatan yg terjadi secara teratur. Prosedur berguna / bermanfaat untk :
- Menghemat usaha manajerial.
- Memudahkan pendelegasian wewenang dan penempatan tanggung jawab.
- Menimbulkan pengembangan metoda-metoda operasi yg efisien.
- Memudahkan pengawasan.
- Memungkinkan penghematan personalia.
- Membantu kegiatan-kegiatan koordinasi.
3. Aturan
Aturan (rules / regulations) adlh pernyataan / ketentuan bahwa suatu kegiatan tertertu harus / tak boleh dilakukan dlm situasi tertentu. Aturan digunakan untk mengimplementasikan rencana-rencana lain dan biasanya merupakan hasil kebijaksanaan yg diikuti dlm tiap kejadian. Dalam melaksanakan suatu aturan, para anggota organisasi tak mempunyai pilihan lain, selain harus mematuhi aturan-aturan tersebut.
sumber : Manajemen, T. Hani Handoko
other source : http://flickr.com, http://abi-asmana.blogspot.com, http://hipwee.com
0 Response to "Rencana Tetap Dalam Manajemen - Tanah Air"
Posting Komentar